Polres Lotara Kawal Eksekusi Tanah Sengketa di Desa Medana Lombok Utara

Polres Lotara Kawal Eksekusi Tanah Sengketa di Desa Medana Lombok Utara

Lombok Utara NTB - Mengawal dan mengamankan proses eksekusi tanah sengketa di Pantai Dewi Bahari, Dusun Teluk Dalem Keren, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (Lotara), Rabu (1/9). Polres Lotara, memberikan pengamanan proses eksekusi Putusan Pengadilan Negeri kelas 1 A Mataram.

"Pelaksanaan eksekusi tanah sengketa, berjalan aman dan tertib di bawah kendali, " ungkap Kapolres Lotara, AKBP Feri Jaya Satriansah, SH., didampingi oleh Kepala Bagian Operasional Polres Lotara, Raditia Suharta S.H S.I.K., di tengah kegiatan eksekusi.

Turut terlibat dalam eksekusi itu, Tim eksekusi Pengadilan Negeri (PN) Mataram, dihadiri langsung oleh Ketua PN Mataram, Sri Sulastri, S.H., M.H., bersama Kuasa Hukum pemohon eksekusi, Saleh Muhtar, S.H., M.H. 

Dikatakan dia, lahan seluas 3, 68 hektar tersebut, merupakan lahan sengketa antara Djamal Azis dengan Amidin Cs. Kegiatan eksekusi yang dilakukan oleh Tim dari PN Mataram merupakan putusan dari Mahkamah Agung RI. Sehingga, kegiatan tersebut harus dilaksanakan sesuai dengan perintah dari Pengadilan karena telah mempunyai kekuatan hukum tetap. 

Sebelum pelaksanaan eksekusi, Polres Lotara, melaksanakan persiapan dan pemeriksaan pasukan. Dalam persiapan tersebut, Kasat Samapta, AKP Anton Dopo, S.H., mengingatkan, seluruh tim pengamanan eksekusi, harus tetap siap siaga dan humanis, selama pelaksanaan eksekusi berlangsung.

"Tim harus melakukan pengamanan secara ketat, sesuai SOP yang ada terhadap tim eksekutor yang melakukan pembacaan putusan pengadilan dan melakukan upaya kepolisian yang tegas, terhadap pihak pihak yang mencoba menghalangi jalannya kegiatan eksekusi, " tegasnya.

Kegiatan eksekusi lahan dimulai dari merobohkan salah satu bangunan, berupa gubuk yang ada di lahan sengketa oleh team eksekutor PN Mataram dan beberapa pohon yang ada di lahan tersebut. Eksekusi diakhiri dengan penyerahan berita acara eksekusi obyek sengketa dari Panitera PN Mataram, kepada pemohon eksekusi.

Sementara itu, Kasubsi PID dan Multimedia Si Humas Polres Lotara, Aipda Wiswakarma, mengatakan, sejauh ini, Kapolres Lotara sangat maksimal dalam melaksanakan pengamanan. Khususnya terhadap  eksekusi lahan di Pantai Dewi Bahari. Sebelum pelaksanaan eksekusi Polres Lombok Utara telah melakukan pendekatan secara kekeluargaan terhadap para pihak yang berkepentingan sehingga pelaksanaan eksekusi berjalan secara aman.

"Di sinilah hebatnya Kapolres Lotara yang mampu meredam potensi konflik, hingga tidak ada sedikitpun gejolak, saat pembacaan putusan eksekusi oleh PN kelas 1A mataram, " sanjungnya.(Adbravo)

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Previous Article

Kapolri Harap Sinergi dengan Mahasiswa untuk...

Next Article

Bhabinkamtibmas Batu Tering Awasi Penerapan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Narsono Son

Narsono Son

Postingan Bulan ini: 27

Postingan Tahun ini: 41

Registered: Jul 9, 2020

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 21

Postingan Tahun ini: 145

Registered: Apr 8, 2021

Agung Setiyo

Agung Setiyo

Postingan Bulan ini: 18

Postingan Tahun ini: 43

Registered: Apr 8, 2021

Ayu Amalia

Ayu Amalia

Postingan Bulan ini: 17

Postingan Tahun ini: 31

Registered: Jul 10, 2020

Profle

Ibnu S. Mattangaran

Polresta Banyumas Laksanakan Baksos Kali ini di Kelurahan Tanjung, Silahkan Dibaca
Pembunuh Sadis di Tanete Riaja Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara
Kasat Reskrim Polres Kota Batu Iptu Yussi Purwanto.SH.MH, Wujudkan Kota Batu Aman dan Kondusif
Kapolres Lumajang Pantau Gerai Vaksin Covid-19 bagi Pelajar Sekolah Menengah Pertama

Follow Us

Recommended Posts

Polda NTB Pantau Vaksinasi Di 10 Polres/Polresta Se NTB
Mempercepat Target Vaksinasi Polsek Taliwang Buka Gerai Vaksin
Evaluasi Penanganan Covid-19 di Jambi, Kapolri Ingatkan Penurunan Level PPKM dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi
Komitmen Bantu Pemerintah, IKAPTK NTB Kembali Gelar Vaksinasi Gratis
Arahan Kapolri ke Forkopimda Kalbar Terkait Penanganan Covid-19

Random Posts